Waspadai Internet Tapping

Saat ini, bukan hanya telepon yang dapat disadap, komputer pun sekarang mudah disadap tanpa Anda ketahui. Jika seseorang telah berhasil menyadap komputer Anda, apapun yang Anda kerjakan mulai pengetikan password sampai pengisian data kartu kredit saat berbelanja, menjadi data yang bukan rahasia lagi.

Perangkat penyadapan tersebut tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari peranti keras sampai peranti lunak. Dan dapat dilakukan secara langsung maupun tidak, seperti pengiriman email atau melalui koneksi internet.

Penyadapan dengan peranti keras masih sangat jarang karena tergolong baru dan bukan hal yang murah. Peranti ini mempunyai fungsi untuk merekam setiap kegiatan yang berlangsung dengan menggunakan keyboard. Versi peranti keras sangat sulit terdeteksi dan memiliki proses instlasi yang cukup mudah. Informasi lebih jelas dan contoh produk dapat dilihat di www.keyghost.com dan www.thespystore.com.

Berbeda dengan peranti keras, maka penyadapan dengan peranti lunak tidak hanya dapat memata-matai ketikan pada keyboard, tetapi semua data yang ditampilkan layar monitor dapat diketahui. Semuanya dapat diatur sesuai keinginan sang mata-mata. Harganya pun lebih murah bahkan ada yang gratis. Tapi, sayangnya versi ini lebih mudah terdeteksi oleh program diagnosa yang banyak beredar saat ini. Contoh program penyadap peranti lunak misalnya Spector Pro (www.spectorsoft.com), BackOrifice dan Badtrans.B. Dua yang disebut terakhir cukup berbahaya karena memiliki karakter mirip virus.

Untuk menghindari kemungkinan adanya penyadap di komputer Anda, dapat dilakukan dengan menginstalasi peranti lunak firewall atau cukup dengan program Antivirus (untuk peranti lunak yang memiliki karakter mirip virus). Perhatikan juga kinerja komputer Anda, Bila berjalan lambat tidak seperti biasanya, maka ada kemungkinan seseorang tengah mengintai Anda karena proses perekaman data yang akan dikirim serta proses capture memakan banyak kapasitas memori.

Mulai sekarang, berhati-hatilah Anda!

1 comments:

ilmi mengatakan...

info yg bagus, terima kasih banyak ni.
http://kafebuku.com/the-shallows-internet-mendangkalkan-cara-berpikir-kita/

Poskan Komentar

Dethread

Updates Via E-Mail

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...