Tanda Saat Kolesterol Menyerang Kaki



Banyak orang beranggapan kolesterol hanya menghambat saluran darah ke jantung. Tak banyak orang tahu bahwa jika tingkat kolesterol dalam darah sangat tinggi, hal itu juga bisa berdampak pada kesehatan kaki.


Masalah pada kaki yang mungkin terjadi adalah penyakit yang disebut peripheral arterial atau PAD. Menurut keterangan laman health.com, David Slovut dari Montefiore Medical Center menyatakan orang dengan kondisi seperti itu lebih berisiko terserang penyakit jantung danstroke.



Faktanya adalah setelah lima tahun, sebanyak 20 persen orang dengan PAD akan mengalami serangan jantung yang tidak fatal. Karena alasan itu, penting  diketahui tanda-tanda dari PAD atau ketika kolesterol itu menyerang kaki Anda.



1. Rasa nyeri di kaki
Claudication, yang merupakan jenis rasa nyeri pada kaki atau ketidaknyamanan dalam kaki Anda merupakan gejala sangat umum dari PAD. Ini terjadi ketika pembuluh dihambat dan tak bisa mengantarkan cukup darah ke kaki. Beberapa orang menyebutnya kaki mereka terasa berat dan lelah.



Nyeri itu dapat terjadi di masing-masing kaki dari betis hingga paha, atau bokong, dan atau pada satu dan kedua kaki. Ini juga ditambah oleh rasa sakit yang datang ketika berlari pada jarak tertentu, kemudian hilang dan muncul kembali pada jarak yang sama.



2. Kram di malam hari
Orang yang mengidap PAD akan menderita kram atau kejang selama tidur, biasanya pada bagian tumit, kaki depan dan jari kaki. Kejang ini atau kram dapat dipulihkan dengan meletakkan kaki keduanya menjuntai sambil berbaring atau duduk di sebuah kursi. Hal itu memungkinkan gravitasi untuk mengalirkan darah ke kaki.



3. Perubahan pada kuku dan kulit kaki
PAD dapat menyebabkan perubahan pada kuku dan kulit di kaki. Sebabnya, kaki tak menerima aliran darah yang normal. Mungkin Anda akan menyadarinya ketika mengalami kerontokan bulu di wilayah kaki atau ketika tumbuhnya lambat. Kulit dari kaki juga terlihat mengkilap dan terasa kencang, kuku juga lebih tebal atau tumbuh lebih lambat. Semuanya bisanya terjadi bersamaan.



4. Telapak kaki dingin
Kaki atau telapak kaki terasa dingin, atau terasa sangat dingin ketika disentuh, bisa menjadi salah satu tanda Anda menderita PAD. Tapi, sejak kondisi itu juga dialami oleh banyak orang yang lebih tua, Anda harus berkonsultasi dengan dokter guna memastikannya, terutama jika sering mengalaminya.

0 comments:

Posting Komentar

Dethread

Updates Via E-Mail

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...