Membuat Kipas Angin Menjadi AC

ionKipas angin bisa dijadikan AC ?
Ini adalah dasar penukar panas, menggunakan air sebagai medium. Mungkin bila anda belum menggunakan AC split bisa menggunakan alternative kipas angin sebagai penyejuk udara di dalam kamar.cukup dengan mengeluarkan kocek Rp 100.000 bisa punya AC, asalkan sudah punya kipas angin standing.

Untuk dapat menggunakan kipas angin, Anda mungkin perlu menyiapkan sedikit persediaan alat alat guna membuat kipas angin ini menjadi seperti AC tidak perlu kompresor dan isi freon lagi pula AC ini hemat energi cuma 50 watt sahaja.

alat-alat yang diperlukan :
• kipas besar
• Ember
• 1/ 8 “ pipa tembaga 6m
• 1/ 8” selang kecil(bening)5m
• kabel fish
• 2 klem selang kecil

Berikut langkah-langkah nya:
1. Ember besar dapat diisi dengan air es, dan akan mengalir secara gravitasi melalui pipa tembaga gulungan sepanjang belakang kipas angin. Udara panas yang melewati menghangatkan pipa air dingin (menyerap panas udara ruangan), udara keluar akan dingin dan sejuk air yang telah melewati gulungan pada pipa akan dipompa keluar. Bentuklah menjadi spiral pipa tembaga tersebut menyesuaikan ukuran kipas angin. 


Sistem akan mendinginkan kamar rata-rata tingkat yang nyaman di kira-kira 15-20 menit. Tergantung pada laju aliran, seember penuh air akan berlangsung sekitar 1-3 jam. Saya menggunakan satu ember sebelum tidur pada malam panas, yang memungkinkan saya bisa tidur. Setelah air habis, kamar telah mendingin cukup bahwa kipas pendingin saja sudah cukup.
nilah yang terlihat kipas angin dari dekat pada body belakang.


Ketika melingkar tembaga menjadi spiral di belakang kipas angin, mulai di tengah dan meletakkan ikatan setiap 15-30 cm. Tidak terlalu penting tampilannya selama ini berfungsi dengan baik, cukup lah konstruksi sederhana, bentuk pipa tembaga tsb dengan hati2 karena tembaga ini rentan patah, tekuk ikatan menjadi bentuk J pada spiral akhir. Kemudian Anda dapat mengaitkan nya selang kecil (plastik) dengan mudah pada air masuk dan keluar dari jala logam di bagian belakang kipas angin.

Pasang selang ke sisi pipa tembaga air masuk masuk dan keluar. Potong relative saja sesuaikan dengan ukuran (jarak kipas ke ember dan jarak air keluar jendela). .jepit selang dan kencangkan.
2. Faktor utama yang mempengaruhi kinerja adalah temperatur air masuk. Air dingin akan bekerja tetapi air es akan menghasilkan ruang yang lebih dingin, lebih cepat.,Tambahkan garam ke air jika Anda menambahkan batu es, karena garam ini akan menurunkan titik beku air dan meningkatkan efek  pendinginan dari kipas angin.ini yang biasa di lakukan oleh tukang es agogo keliling yang es batu nya di campur dengan garam.
Merendam ujung selang ke dalam ember(dicuci dan bersih). Saya sarankan membebani ujung tabung, untuk menghindari selang lepas dari dalam ember dan menghentikan system gravitasi air tsb. Jika Anda memiliki berat memancing (bandulan dari timah) atau apa sajalah asal kan berat dan dapat menahan selang tsb, Selanjutnya, menggantung lagi keluar jendela Anda. Untuk pompa gravitasi bekerja, ujung pipa harus berada di bawah tingkat air ember Anda bisa, ditambah dengan penyisihan kerugian head dalam pipa. Untuk amannya, mendapatkannya serendah mungkin.

0 comments:

Posting Komentar

Dethread

Updates Via E-Mail

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...