Setetes Air Mata yang Dapat Memadamkan Api Neraka

Kedahsyatan dan hiruk pikuknya Api neraka sudah banyak yang membahas, tetapi judul di atas masih banyak yang belum tahu.  Mengapa Tuhan ciptakan Neraka ?  Sebetulnya merupakan rahasia Tuhan Juga, megapa Dia ciptakan tempat yang sangat mengerikan itu.  Kalau kita baca surat Ar Rahman, maka akan banyak hikmah yang dapat dipetik dari situ.   Setelah Allah jelaskan tentang yang Dia  ciptakan ( Neraka ), maka Allah SWT berfirman : Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan ?   Begitu juga setelah Dia ciptakan Surga, Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu Dustakan ?
Kalau Dia ciptakan Surga, kemudian Dia berfirman, Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan.  Itu wajar saja, dan mudah dimengerti.  Karena di surga banyak kenikmatan akan didapat.  Tetapi, kalau setelah ayat Ciptaan Neraka, Dia berfirman, maka Nikmat Tuhan manakah yang kamu Dustakan ?
Bagi yang GoBlog segoblog2nya,  maksudnya orang yang kritis karena sering ngeblog,   pasti akan menyanggah, apa2an ini Tuhan, habis ciptakan Neraka kok pake berfirman , maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan.   Ada2 saja Tuhan ini.   Apa Tuhan sedang bercanda.???
Tapi ada uga yang berpikiran lain, ah hikmah dari penciptaan neraka ini kan supaya tidak ada orang berbuat dosa.  Atau paling tidak, berkuranglah kriminalitas.  Ya masuk akal juga sih.  Tapi ada juga yang “semleke’an”, ah paling2 cuma buat nakut2in doang.  Tuhan kan Maha pengampun, entar juga diampuni semua dosa kita.  Tenang2 sajalah…Nikmati sajalah hidup ini… Toh hidup cuma sekali saja….
Tapi kalau saya sih agak lain lagi, sedikit beda boleh dong, hehehe….
Tuhan Ciptakan Neraka itu supaya orang dapat masuk surga.  Kalau orang sudah takut kepada Neraka, maka yang ada adalah ia akan menghindari perbuatan dosa dan memperbanyak perbuatan baik.  Coba kalau tidak ada neraka, yang ada surga aja…belum tentu orang mau berbuat baik, belum tentu orang akan menghindari perbuatan maksiat, iya kan…
Tapi memang begitulah adanya, banyak hadist dan juga ayat Al Quran yang mengatakan bahwa awal dari Ibadah adalah iman dan taqwa.  Orang yang beriman dan bertaqwa pastilah akan lancar beribadahnya.  Panggilan untuk berpuasa juga hanya diperuntukkan bagi orang2 yang beriman.  Begitu juga, perintah  shalat dan zakat serta haji, ditujukan bagi orang yang beriman saja.
Maka dari itulah, selama 13 tahun di Mekkah, Nabi menekankan pentingnya iman kepada para pengikutnya.  Setelah Abubakar ra masuk islam, maka ia bertanya, apa tugas aku ?  Tugas kamu adalah sama dengan tugas saya, kata Nabi.  Apa itu ?  Ajak manusia ke jalan Allah.  Waktu itu belum ada perintah Shalat, puasa, zakat dan haji.  Ayat2 yang turundi saat itu juga selalu diawali dengan :  Wahai manusia…. atau Wahai anak Adam…
Cerita tentang Ciptaan Tuhan adalah awal2 dari ayat2 Al Quran itu.  Manusia disuruh mengenal Tuhan melalui ciptaanNya.  Karena Tuhan memperkenalkan Diri-Nya melalui ciptaannya.  Perintah membaca adalah perintah pertama yang turun.  Membaca tentang kebesaran Tuhan, tentang kasih sayang Tuhan, tentang perubahan siang dan malam, penciptaan bumi, manusia di rahim ibu diceritakan dengan detail, walaupun saat itu belum ada USG.  Di Mekkah itu juga ayat2 yang seram2 turun.  Tentang hari kiamat, tentang neraka jahanam, juga tentang kenikmatan surga.  Di situlah manusia belajar iman, disitulah manusia belajar percaya kepada Allah, percaya kepada yang gaib2, neraka surga, hari kiamat yang dahsyat.
Setelah iman tertanam, barulah perintah shalat, puasa, zakat, haji dsb turun.  Bedanya dengan kita sekarang adalah kita belajar shalat dulu, puasa dulu, zakat dan haji baru belajar iman.  Kadang pun belajar shalat dan lain lain tanpa iman.   Jadi shalat sambil main2, waktu kecil dulu lah.  Kalau sekarang mau main2 ya malu lah…
Lalu bagaimana air mata yang hanya setetes itu dapat memadamkan api neraka.???
Kata Nabi, setetes air mata  dari orang yang takut kepada ALLah  akan memadamkan api neraka.  Orang yang takut kepada Allah bukannya ia lari menjauh, tetapi justru ia lari mendekat kepada Nya.  Di dalam surat Ar Rahman itu juga, disebutkan bahwa orang yang takut kepada TuhanNya akan mendapat dua surga.  Di hadist lain dikatakan bahwa dua cairan yang sangat disukai Allah adalah tangisan dari orang yang takut kepada Allah serta darah nya para syuhada.
Orang yang pernah menangis karena takutnya  kepada Allah, akan mustahil masuk neraka, sama seperti mustahilnya seekor unta yang masuk ke dalam lubang jarum, atau juga sama mustahilnya dengan air susu yang sudah keluar masuk kembali ke dalam putingnya.  Bahkan di Hadist Qudsi dikatakan Orang yang berdzikir / mengingat kebesaran Allah sehinggalah airmatanya keluar, maka ia akan dinaungi pada hari kiamat  di saat tak ada lagi naungan kecuali naunganNya.  Selain itu ada 6 golongan lagi yang akan dinaungi di hari kiamat itu yaitu pemimpin yang adil, orang yang bersedekah secara sembunyi2, orang lelaki yang tahan dirayu oleh wanita cantik, orang yang saling mencintai karena Allah, orang yang masa mudanya selalu diisi dengan ibadah, dan orang yang hatinya selalu terpaut di mesjid
Itulah, mengapa Tuhan Ciptakan Neraka.  Supaya manusia dapat masuk surga….Setetes air mata karena takutnya kepada Allah, akan memadamkan api neraka, dengan kata lain ia dihindarkan dari siksaan api neraka….  Wallahu A'lamu Bisshawab.

0 comments:

Poskan Komentar

Dethread

Updates Via E-Mail

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...