Mudik Tahun Ini Kereta Akan Dipasangi WiFi,

JAKARTA - Salah satu transportasi yang paling diminati oleh warga urban jelang mudik lebaran adalah kereta api. Tahun ini PT Kereta Api Indonesia (KAI), menyiapkan sesuatu yang istimewa yaitu layanan WiFi di kereta khusus eksekutif.

"Berdasarkan survei ternyata pusat keramaian itu tidak hanya di dominasi oleh mall saja, karena stasiun justru yang semakin ramai dengan orang. Terbukti, penumpang KRL atau Commuter selalu naik. Ini peluang bagus untuk bagi telekomunikasi menyiapkan jaringan di stasiun atau kereta," terang Direktur Komersial PT KAI, Sulistyo Wimbo Hardjinto.

Mudik tahun ini KAI mengandeng XL Axiata untuk menyediakan layanan WiFi di setiap gerbong kereta. Sebagai langkah ujicoba, layanan internet WiFi ini akan dipasangkan di kereta Argo Bromo Anggrek New Image, yang akan mulai beroperasi dan dinikmati pelanggan mulai Agus mendatang.

"Ini merupakan terobosan, agar pelanggan kereta bisa menikmati layanan internet tanpa putus sepanjang perjalanan," tambah Sulistyo, disela-sela pelepasan keberangkatan XL Network Rally, di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (22/7/2011).

Sementara itu ditambahkan oleh Presiden XL Axiata Hasnul Suhaimi, pemasangan WiFi di kereta Argo Bromo Anggrek New Image ini sebagai bukti komitmen XL terhadap pelanggan setianya. XL, kata Hasnul, ingin agar pelangganya bisa menyelesaikan pekerjaan kantor yang memerlukan jaringan internet.

"Kita selama sebulan ini akan melakukan trial terhadap WiFi di kereta Argo. XL akan berikan gratis, sambil menunggu respon dari masyarakat, kalau bagus ya pasti akan lanjutkan program ini," terang Hasnul.

Layanan WiFi di kereta ini merupakan yang pertama di Indonesia. Menurut pihak XL, nantinya akan ada 18 gerbong yang akan dipasang. Soal kemampuan, 1 repiter bisa menampung 20 subscriber secara bersamaan.

Sementara soal di masa depan apakah nanti WiFi oleh XL di kereta lintas Jawa apakah akan diberikan gratis terus atau akan dikenakan biaya, Head of Corporate Communication XL Axiata Febriati Nadira mengatakan masih belum memikirnkannya.

"Masih kita tunggu dulu respon dari masyarakat. Masalah nanti berbayar atau tidak kami belum bisa pastikan," tegas Ira, sapaan akrabnya.

Selain itu, XL juga akan menyediakan jarinhan seluler berkualitas di sepanjang jalur kereta mudik. Operator ini juga akan menempatkan Telepon Umum Gratis (TUG) di sejumlah stasiun seperti Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, serta Yogyakarta.

Sumber

0 comments:

Poskan Komentar

Dethread

Updates Via E-Mail

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...