Efek Apel Kotak

Tutorial Photoshop kali ini, berhubungan dengan buah apel. Buah apel yang biasanya berbentuk lebih menyerupai Oval kini dengan Efek Photoshop kita akan merubahnya menjadi berbentuk kotak. Dalam Tutorial Photoshop ini, anda harus pintar menganalisa project. Karena hanya dengan bantuan Tool Photoshop bernama Forward Warp Tool sebuah keanehan akan dibuat tampak nyata dalam keadaan yang hampir sempurna. Dalam Tutorial Photoshop ini, kita akan menggunakan 2 buah foto yang akan kita jadikan sebagai bahan kerja nantinya. Ke-2 foto tersebut adalah sebuah foto buah apel dan yang lainnya foto irisan buah apel, seperti berikut. 
 
 
 
 Dan,
 
 
 
Baiklah, kita mulai saja cara membuatnya.
1. Klik Menu File>New(Ctrl+N), dan isikan nilai Width=3000px dan Height=2400px Resolution=300px/inchi dan Background Contents=White, kemudian klik OK.
2. Buka File Foto berobjek Apple yang utuh ke dalam Photoshop, kemudian Drag & Drop dengan menggunakan Move Tool(V) kedalam Canvas yang telah dibuat pada langkah pertama dan beri nama layer “Apple”.
3. Shift+Ctrl+N untuk membuat layer baru, dan beri nama layer “3D”.
4. Dengan menggunakan Line Tool(U) dengan nilai Weigth=10px, buatlah objek serupa kerangka kubus yang nantinya akan digunakan sebagai garis bantu untuk membentuk apel berbentuk kotak 3D.
 
efek photoshop, photoshop effect
5. Pastikan layer “apel” dalam keadaan terpilih. Klik menu Filter>Liquify(Shift+Ctrl+X). Dengan menggunakan Forward Warp Toop(W) ubah bentuk apel menyesuaikan bentuk dari model kerangka kubus tersebut.
efek photoshop, photoshop effect
6. Setelah bentuk apel tepat mengikuti bentuk dari kerangka kubus tersebut, kemudian klik OK. Sehingga hasilnya akan seperti berikut.
efek photoshop, photoshop effect
7. Buatlah layer baru tepat di atas layer “apel” dan beri nama “Highlights”.
8. Pastikan layer “Highlights” dalam keadaan terpilih. Dengan menggunakan Brush Tool(B) dan Set Foreground Color berwarna merah muda dengan kode #ffd9dc, dan ubah Opacitynya menjadi 60%, sapukan brush tool pada bagian-bagian tertentu pada objek apel untuk memberikan efek Highlight. Hingga hasilnya menjadi tampak seperti berikut.
efek photoshop, photoshop effect
9. Sekarang kita akan membuat bayangan dari buah apel tersebut caranya adalah; tekan tombol Ctrl pada keyboard + klik pada bagian dalam dari kotak layer “apel” sehingga bentuk apel otomatis dalam keadaan terseleksi.
10. Buat layer baru tepat di bawah layer “apel” dan beri nama layer “Bayangan Samping”.
11. Non aktivkan layer” apel” dengan mengklik icon mata di bagian samping dari layer “apel”.
12. Pastikan Set Foreground Color berwarna Hitam. Dengan menggunakan Paint Bucket Tool(G) beri warna hitam di bagian dalam dari seleksi.
13. Aktivkan kembali layer “aple” dengan mengklik kembali icon mata di bagian samping dari layer “apel”. Dan klik Menu Select>Deselect(Ctrl+D).
14. Pastikan layer “Bayangan Samping” dalam keadaan terpilih. Klik menu Edit>Transform>Distort. Dan Ubah bentuknya kira-kira menjadi seperti berikut, dan klik OK.
efek photoshop, photoshop effect
15. Pastikan layer “bayangan Samping” masih dalam keadaan terpilih. Klik Menu Filter>Blur>Gaussian Blur, berikan nilai radius sebesar 50px dan klik OK. Kurangi lagi Opacitynya menjadi 46%.
16. Untuk membuat bayangan pada bagian bawah dari objek apel, lakukan lagi dengan membuat layer baru dan letakan layer baru tersebut tepat di bawah layer “bayangan Samping” dan beri nama layer “Bayangan bawah”.
17. Pastikan layer “Bayangan Bawah” dalam keadaan terpilih. Sapukan dengan menggunakan Brush bersisi lembut dan berwarna hitam ke bagian bawah dari objek apel. Hingga hasil sementara menjadi tampak seperti berikut.
efek photoshop, photoshop effect
18. Buat layer baru dan letakan tepat di atas layer “Highlights” dan beri nama layer “Irisan Apel”.
19. Dengan menggunakan Lasso Tool(L) buatlah seleksi seperti di bawah ini.
efek photoshop, photoshop effect
20. Buka File foto yang berobjek irisan apel ke dalam Photoshop. Klik Menu Sellect>All(Ctrl+A), Klik Menu Edit>Copy(Ctrl+C), Pastikan layer “Irisan Apel” dalam keadaan terpilih. Kemudian Lakukan Paste Into ke dalam seleksi dengan menggunakan perintah Klik menu Edit>Paste into(Shift+Ctrl+V). Dan hasilnya adalah seperti berikut.
efek photoshop, photoshop effect
21. Pastikan layer “Irisan Apel” masih dalam keadaan terpilih. Klik menu Edit>Transform>Distort, untuk menyesuaikan bentuk irisan apel agar tampak lebih simetris, bila telah sesuai tekan Enter pada keyboard.
22. Perhatikan bagian irisan apel yang berada di dalam lingkaran berwarna kuning pada foto di atas. Dengan menggunakan Healing Brush Tool(J) sapukan kebagian tersebut hingga bagian tersebut tidak Nampak lagi.
23. Langkah terakhir adalah memberikan efek gelap pada bagian sisi dari objek irisan apel dengan menggunakan Burn Tool(O) dengan pilihan Range=Shadows dan Exposure=85%. Dan hasil akhir adalah seperti berikut.
efek photoshop, photoshop effect
Dan susunan akhir semua layernya adalah sebagai berikut:
efek photoshop, photoshop effect

0 comments:

Poskan Komentar

Dethread

Updates Via E-Mail

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...