Tips Bertransaksi Dengan Kartu Kredit

Kejahatan kartu kredit makin hari makin canggih. Makanya, pemilik kartu harus ekstra hati-hati. Menurut Dewan Eksekutif Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Dodit W. Prabojakti, ada beberapa tips bagi pengguna kartu kredit untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit.
Satu, kartu kredit dan dokumen terkait harus selalu dalam pengawasan pemegang kartu. Artinya, bila kartu hilang, harus segera dilaporkan ke bank yang bersangkutan agar pemblokirannya cepat.
Dua, kalau ingin bertransaksi via internet, carilah tempat yang aman. ”Jangan di tempat umum yang gampang disadap, baik itu nomor kartu maupun apa pun,” ujar Dodit beberapa waktu lau, di Jakarta.
Tiga, bila menginginkan belanja lewat fasilitas online shopping, carilah provider yang bereputasi baik. “Jangan memberikan nomor kartu dan expired-nya. Karena, merchant tertentu, dengan consumer memberikan nomor kartu yang 16 digit dan masa expired itu, sudah berhak mendebit,“ saran Dodit.
Jadi, tandasnya, selalulah terapkan kehati-hatian terhadap bujukan dan barang serta jasa yang ditawarkan.
Empat, kalau bank penerbit menelepon dan menanyakan transaksi terakhir, jawablah secara jujur. Sebab, bisa jadi, ada kejanggalan transaksi di kartu Anda. Itu kalau ingin kartu kredit Anda aman alias tidak dibobol.

0 comments:

Posting Komentar

Dethread

Updates Via E-Mail

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...