Dengan menggunakan microsoft excel 2007 kita dapat dengan mudah menghitung atau menjumlah matriks.
Yang perlu diingat jika ingin melakukan penjumlahan matrik di excel harus sesuai dengan aturan dasarnya yaitu orde matrik harus sama (dengan kata lain jumlah baris dan kolom matriks A dan B yang akan dijumlahkan harus sama).
Contoh di bawah ini akan dijumlahkan dua buah matriks
1. Buat matriks berikut:
Matriks A
2 5 6
1 4 7
2 3 3
Matriks B
9 8 7
6 6 6
3 3 3
2. Blok range I3:K5
Ketik formula =A3:C5+E3:G5
Tekan kombinasi 3 tombol Ctrl+Shift+Enter
3. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini:
Yang perlu diingat jika ingin melakukan penjumlahan matrik di excel harus sesuai dengan aturan dasarnya yaitu orde matrik harus sama (dengan kata lain jumlah baris dan kolom matriks A dan B yang akan dijumlahkan harus sama).
Contoh di bawah ini akan dijumlahkan dua buah matriks
1. Buat matriks berikut:
Matriks A
2 5 6
1 4 7
2 3 3
Matriks B
9 8 7
6 6 6
3 3 3
2. Blok range I3:K5
Ketik formula =A3:C5+E3:G5
Tekan kombinasi 3 tombol Ctrl+Shift+Enter
3. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini:
0 comments:
Posting Komentar